--> Back To Top

Kumpulan artikel aktual dan aktif

Tuesday, November 17, 2015

Jembatan unik Dari Ribuan Lembar Kertas, Ini cara pembuatannya

Jembatan unik Dari Ribuan Lembar Kertas, Ini cara pembuatannya
KaraK - Ada jembatan yang terbuat dari ribuan lembar kertas. Ya, sebuah jembatan yang terbuat dari ber-rim-rim kertas yang tersusun rapi di atas sebuah sungai.

Jika kita pikir memang sangat mustahil ada jembatan terbuat hanya dari kertas. Jika pada umumnya jembatan terbuat dari kayu atau baja yang kokoh, ini hanya menggunakan kertas sebagai bahan utama.

Ada seorang seniman asal Inggris, Steve Messam membangun sebuah jembatan lengkung berwarna merah mencolok di atas sebuah sungai kecil di Distrik Taman Nasional Cumbria.

Jembatan yang dibangun Messam tergolong unik, pasalnya dibangun dengan 22 ribu lembar kertas. Dan yang lebih menarik lagi, sang seniman tidak menggunakan lem ataupun kerangka baja seperti pembuatan jembatan pada umumnya.

Namun jembatan ini kokoh dan kuat menahan beban manusia. Kereeen.. mengapa jembatan dari kertas ini begitu kokoh? Satu hal yang membuat jembatan "merah" ini kokoh karena menggunakan metode kompresi. emejing sekali sang seniman..


Jembatan ini dibangun berdasarkan lapisan lapisan blok setiap 2 rim kertas yang telah terkompresi, atau 1 rim adalah 1000 lembar kertas.

Ingin tahu proses pembuatannya? gambar-gambar ini akan menunjukkan pross pembuatan jembatan unik ini




Jembatan ini tahan terhadap cuaca dan juga tahan air. Karena ketika terkena air, kertas akan menyerap air dan ini semakin membuat kokoh jembatan melengkung ini.

Tapi sayangnya jembatan ini hanya bersifat sementara. Setelah 10 hari jembatan akan di bongkar dan kertas-kertas ini akan dikembalikan kepada produsen kertas untuk selanjutnya didaur ulang. Batu batu juga akan disebar ke sungai tanpa meninggalkan jejak sedikitpun kalau disini pernah dibuat jembatan yang unik.

foto

Komentar yang baik selalu kami tunggu