--> Back To Top

Kumpulan artikel aktual dan aktif

Tuesday, February 09, 2016

Rahasia Bajak Laut Menutup Matanya Sebelah

Karak.Yang hobi nonton film atau baca komik pasti tau bajak laut yang kebanyakan selalu menutup sebelah matanya. Ya, bajak laut yang seperti kita lihat di film atau komik selalu memakai penutup mata, sehingga hanya satu mata sebagai penglihatan, sedangkan mata satunya tertutup.

Apakah kalian tahu fungsi menutup mata sebelah bagi bajak laut? apakah hanya untuk gaya-gaya-an saja? atau mata si bajak laut terluka? atau ada alasan lain?


Rahasia Bajak Laut Menutup Matanya Sebelah
image: teropongmalang.com

Alasan bajak laut menutup mata sebelah karena untuk beradaptasi dengan cahaya. Pernahkah kalian mengalami saat dari luar rumah dengan cahaya matahari yang amat menyilaukan kemudian masuk ke dalam rumah, saat sampai di dalam ternyata kondisinya sangat gelap?

Setidaknya seperti itulah gambaran yang dialami bajak laut.

Di masa lalu, kapal-kapal di lautan tidak dilengkapi lampu penerang. Saat malam tiba mereka biasa menyalakan api, namun tidak ada penerang apapun di geladak kapal pada siang hari, akibatnya geladak kapal bagian dalam kondisinya sangat gelap, sedangkan bagian atas sangatlah terang karena sinar matahari.

Intinya para bajak laut menutup matanya sebelah agar bisa langsung beradaptasi dengan cahaya di luar geladak dan di dalam. Bayangkan saja saat mereka berada di atas yang penuh cahaya, kemudian turun ke geladak bawah yang sangat gelap, seketika mata mereka seperti tidak bisa melihat apa-apa. Begitu pun sebaliknya ketika mereka dari dalam kemudian naik ke atas, mata mereka akan sangat silau. Itulah sebabnya mereka memakai penutup mata.

Komentar yang baik selalu kami tunggu