--> Back To Top

Kumpulan artikel aktual dan aktif

Friday, September 04, 2015

50 menit shalat vs 8 jam kerja


50 menit shalat vs 8 jam kerja
50 menit shalat vs 8 jam kerja - Kesibukan paling utama adalah bekerja, bekerja untuk mencari nafkah merupakan ibadah, ibadah yang paling lama dalam keseharian kita. Umumnya bekerja dalam sehari adalah 8 jam. Bila dibandingkan dengan ibadah kita umat islam yaitu shalat yang bila ditotal cuma memakan waktu 50 menit, jauh bandingannya. Kenyataanya banyak orang dan hampir sebagian orang di dunia ini terlalu sibuk memikirkan urusan kerjaannya daripada ibadahnya.
Betapa amat sangat disayangkan apabila waktu yang amat lama itu menjadi sia sia karena tidak menjadi amal akhirat. Karena terlalu sibuk dalam urusan dunia dan selalu lupa menata niat saat bekerja, kita baru sadar kalau sudah semakin tua dan tidak membawa bekal apa apa untuk akhirat. Itu berarti ada ratusan jam dalam setahun yang telah kita sia siakan.
Memang Allah telah memuliakan orang-orang yang bekerja dengan memberikan banyak keutamaan diantaranya:

Keutamaan orang bekerja

1. Disukai Allah

"Sesungguhnya Allah Ta'ala suka melihat hamba-Nya bersusah payah dalam mencari rezeki yang halal".(HR. Dailami)

2. Diampuni dosanya

"barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah SWT".(HR. Ahmad)

3. Dihapus dosanya

"Sesungguhnya diantara dosa dosa itu ada yang tidak dapat terhapus dengan puasa dan shalat". Maka para sahabat pun bertanya: "Apakah yang dapat menghapusnya wahai Rasulullah?"Beliau menjawab:"Bersusah payah dalam mencari nafkah."(HR. Bukhari)

4. Mendapatkan berkah

"Berpagi-pagilah dalam mencari rezeki dan kebutuhan, karena pagi hari itu penuh dengan berkah dan keberhasilan."(HR. Thabrani dan Barra')

5. Pahalanya disamakan dengan fisabilillah

"Barangsiapa yang mencari nafkah dan bekerja keras untuk keluarganya, maka sama dengan pejuang di jalan Allah "Azza Wa Jalla". (HR. Ahmad)

Betapa kemuliaan Allah itu menjadi kegembiraan tersendiri bagi kaum mukmin yang bekerja. Karenanya kita harus kembali menguatkan tekad. Tata niat sesering mungkin, bahwa bekerja untuk mencari rezeki, bekerja untuk membantu orang lain, bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain dan tentunya bekerja sebagai ibadah.
Yang jelas waktu bekerja 8 jam sehari sangat disayangkan dan tentunya menjadi kerugian besar jika tidak menjadi amal akhirat. Bekerja keraslah sesuai kahlianmu dan jangan lupa, luangkan waktumu untuk ibadah shalat 10 menit untuk satu kali shalat wajib.

Komentar yang baik selalu kami tunggu